Sabar adalah tabah dalam menghadapi kehidupan dengan tetap mengikat hati kepada Allah. Sabar sangat dianjurkan oleh agama. Dengan kesabaran, seseorang akan selalu ingat dengan kuasa Allah dalam kondisi apapun.

Sabar bukan perkara ringan. Ia merupaka perbuatan sangat berat. Oleh karena itu kita selalu diperintahkan untuk bersabar.

يَاَ يُّهَا الَّذِيْنَ اَمَنُوْا اسْتَعِيْنُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَوةِ اِنَّ اللهَ مَعَ الصَّا بِرِيْنَ

“ Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat. Sungguh, Allah beserta orang-orang yang sabar “. (QS. Al-Baqarah: 153)

Allah akan memberikan banyak cobaan bagi hamba-Nya. Namun kabar gembira bagi mereka yang bisa bersabar.

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِنَ الأَمْوَالِ وَالأَنْفُسِ وَالثَّمَرَاتِ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ

“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepada kalian, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.” (Al-Baqarah:155)

Sabar bisa dibagi menjadi tiga macam:
1. Sabar ketika menjalani penderitaan. Orang yang terkena musibah atau bencana, membutuhkan kesabaran. Dengan sifat sabar ini, hatinya akan selalu terpaut dengan Allah. Ia percaya bahwa segalanya datang dari Allah dan akan kembali kepada Allah.
انا لله وانا اليه راجعون
2. Sabar dalam melakukan ketaatan. Beribadah apapun bentuknya, baik puasa, shalat, zakat ataupun haji membutuhkan kesabaran. Tanpa sifat ini, ibadah akan sulit untuk dilakukan. Dalam ibadah haji bahwan Allah melarang kita untuk saling mencerca guna melatih sifat sabar ini.

فَلا رَفَثَ وَلا فُسُوقَ وَلا جِدَالَ فِي الْحَجِّ

Maka tidak boleh rafats (bicara kotor), berbuat fasik dan berbantah-bantahan di dalam masa mengerjakan haji”.

3. Sabar ketika berupaya menjauhi maksiat. Orang yang terbiasa minum khamar, akan sangat berat untuk meninggalkan kebiasaan buruknya. Hanya sifat sabar yang bisa menjadi pendorong dirinya sehingga ia tidak minum khamar kembali. Demikian juga dengan upaya mrninggalkan perbuatan maksiat lainnya.

Semoga kita menjadi hamba Allah yang selalu bersabar. amiin